10 Bahaya Kesehatan dari Kebiasaan Gigit Kuku Tangan - Nixmat

10 Bahaya Kesehatan dari Kebiasaan Gigit Kuku Tangan


Tiap-tiap orang pasti mempunyai kebiasaan buruk termasuk juga kita. Walau tahu akan berakibat buruk, nyatanya banyak orang yang merasa begitu sulit untuk menghentikannya. Menunda pekerjaan, kurang minum air mineral, menghabiskan waktu di media sosial, dan bangun siang jadi kebiasaan sangat umum yang banyak dilakukan.

Oleh karena itu, tiap-tiap orang mesti dapat mengatur kebiasaan pada dirinya supaya tidak memberi dampak negatif di masa datang. Nah, untuk kebiasaan menggigit kuku termasuk menjadi salah satu kebiasaan yang sangat berisiko.

Rutinitas menggigit kuku tidak hanya kotor, rutinitas buruk ini bahkan juga beresiko dan dapat menyebabkan pada kesehatan, seperti berikut:

Kebiasaan Gigit Kuku Bisa Berujung Penyakit Berbahaya Untuk Kesehatan


1. Mengakibatkan Bau Mulut

Tahukah kamu jika nyata-nyatanya kebiasaan menggigit kuku dapat memicu bau mulut? Hal itu karena serpihan kuku akan menempel pada rahang dan rongga-rongga gigi. Lalu bercampur dengan air liur dan materi lainnya hingga menyebabkan bau mulut jadi sedikit aneh.

2. Herpes pada tangan

Herpes ini seringkali dinamai menjadi gejala herpethic withlow. Adalah infeksi begitu sakit pada tangan yang umumnya tentang jari telunjuk. Bakteri dari mulut adalah salah satunya penyebabnya.

3. Meningkatkan Risiko Rusaknya Gigi

Janganlah dibiasakan menggigit kuku, sebab hal ini nyatanya dapat merusak gigi. Saat ada serpihan kuku yang menempel pada gigi, jadi tiada disadari akan merusak bagian tubuh ini secara perlahan. Selanjutnya lebih mudah bolong dan berasa nyeri.

4. Mengganggu Pencernaan

Kuku dapat jadi sarang kotoran dan bakteri. Tidak cuma ketinggal di mulut, bakteri itu akan ikut masuk ke organ pencernaan. Akibatnya kamu dapat mengalami diare terus menerus. Tidak hanya berbahaya buat kesehatan, hal ini pasti akan mengganggu aktivitas lainnya kan? .

5. Infeksi Jari

Menggigit kuku bisa meninggalkan luka pada jari. Jika didiamkan terbuka, bakteri, kotoran sampai jamur bisa mencemari dan memunculkan infeksi pada luka. Tidak cuma darah, jari dapat membengkak, penumpukan cairan, sampai bernanah. Kamu tentu malu bila dilihat orang lainnya dengan keadaan jari semacam ini.

6. Mengakibatkan Iritasi Tenggorokan

Material dari kuku itu sifatnya keras dan tajam. Saat tiada sengaja serpihannya masuk ke mulut dan tertelan, jadi itu dapat jadi satu kesalahan fatal. Karena, kuku dapat membuat luka pada tenggorokan sampai akhirnya berlangsung iritasi.

7. Mengakibatkan Beberapa Penyakit

Seperti yang sudah dijelaskan awal mulanya jika kuku mengandung sangat banyak bakteri sehingga bila masuk ke pada tubuh jadi bakteri itu akan menyebar. Mengakibatkan, resiko terkena penyakit juga makin besar.

8. Mengubah Susunan Gigi

Tidak hanya mengakibatkan kerusakan susunan gigi, kebiasaan menggigit kuku dapat juga merubah struktur gigi. Jika kamu sudah melakukannya sejak kecil, jadi perkembangan gigi jadi kurang baik dan tidak rapi. Sayangnya lagi, perubahan susunan gigi ini dapat bersifat permanen sampai dewasa.

9. Bentuk Kuku Jadi Tak Karuan

Perlu diketahui ikut, kebiasaan mengigit kuku ikut berefek pada memiliki bentuk. Terdapat beberapa kasus berlangsung, kuku yang seringkali digigit menganggu pertumbuhannya hingga menyebabkan timbunan pada daging dan kuku. Jika diteruskan, bagian tubuh ini semakin lebih masuk ke dan ditutupi oleh daging.

10. Jerawat

Jika kamu mengigit kuku dan tidak berniat meletakan tanganmu di wajah, maka berkonsekuensi muncul jerawat. Lengkap sudah bakteri kuman dari mulut ditambah bakteri pada kuku, akan membuat wajahmu tertempel bakteri juga.

Nah, itulah beberapa efek negatif dari kebiasaan buruk sering gigit kuku. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "10 Bahaya Kesehatan dari Kebiasaan Gigit Kuku Tangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel