7 Penyakit yang Biasa Terjadi saat Musim Hujan - Nixmat

7 Penyakit yang Biasa Terjadi saat Musim Hujan

Penyakit saat musim hujan

Musim hujan sudah akan datang di beberapa wilayah Indonesia. Perubahan cuaca itu, membuat tubuh mudah terkena penyakit.

Biasanya pergantian kondisi lingkungan ini akan seringkali mengakibatkan tubuhmu terasa tidak enak. Entahlah itu pegal-pegal, demam atau yang lain. Belum juga bila terjadi banjir. Masalah itu akan semakin memberikanmu banyak resiko penyakit.

Di bawah ini enam penyakit yang rawan menyerang tubuh kita selama musim hujan. Baca berikut ini!

7 Penyakit yang Sering Datang Saat Musim Penghujan


1. Flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus pada saluran pernafasan yang umumnya berlangsung selama 7 sampai 10 hari. Disebabkan karena oleh virus, jenis penyakit ini bisa menyebar lewat bersin, batuk, atau menyentuh barang yang sudah terkontaminasi.

Lihat Juga : Inilah 10 Makanan untuk Mengatasi Flu Berat yang Ampuh

Flu umumnya dianggap sebagai penyakit mudah dan bisa sembuh dengan mudah. Tapi bagi anak-anak dan orangtua yang kondisi ketahanan tubuhnya lemah, perihal ini dapat berefek lebih kronis dan juga bisa mengakibatkan kematian.

2. Batuk

Sebetulnya batuk bukan lah penyakit, tetapi satu bentuk pertahanan tubuh dan adalah tanda-tanda dari satu penyakit atau reaksi tubuh pada iritasi di tenggorokan yang disebut tanda-tanda flu. Walau demikian, batuk begitu menggangu kehidupan keseharian.

3. Diare

Biasanya, diare dikarenakan oleh bakteri rotavirus, shigella, E. coli, Cryptosporidium, dan lain-lain. Penyakit ini diikuti dengan rasa sakit di perut, frequensi untuk buang air besar yang bertambah, dan fases sebagai encer atau berair.

Daerah yang terkena banjir umumnya rawan pada penyakit ini sebab kondisi air dan tempat yang sangat kotor. Diare tidak boleh disepelakan sebab bisa membahayakan nyawa.

4. Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue atau lebih diketahui dengan sebutan DBD memang sudah populer menjadi penyakit bawaan musim hujan. Penyakit yang dikarenakan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini memiliki cir-ciri yakni adanya bintik-bintik merah pada kulit. Jika tidak segera diatasi, pasien DBD dapat meregang nyawa.

Lihat Juga : 10 Obat Panu di Wajah dan Badan Alami dan Ampuh

5. Leptospirosis

Leptospirosis memiliki tanda-tanda seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut. Di Indonesia, penyakit ini popular dengan sebutan “kencing tikus”.

Kamu bisa jadi tertular penyakit ini jika menyentuh tanah atau air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi. Leptospirosis serius mengakibatkan gangguan hati, tidak berhasil ginjal, meningitis, sampai kegagalan pernafasan.

6. Kolera

Untuk penyakit satu ini dikarenakan oleh bakteria Vibrio cholerae. Kamu dapat terserang penyakit ini bila mengonsumsi atau minum apa pun yang terkontaminasi. Diare, muntah-muntah, dan dehidrasi ialah contoh gejalanya. Untuk pengobatan awal, kamu butuh penuhi kandungan cairan di tubuhmu yang terbuang lewat diare dan muntah-muntah dengan cara minum air yang cukuplah banyak dan seringkali.

Lihat Juga : Inilah 10 Obat Sakit Gigi secara Alami Paling Ampuh Meredakan Ngilu

7. Scabies

Daripada penyakit yang hadir sebab virus, scabies lebih karena sebab adanya tungau atau parasit Sarcoptes scabiei yang bersarang di tubuhmu. Rasa-rasanya akan begitu gatal dan memiliki ruam di kulit. Membiarkan penyakit ini akan jadikan lapisan kulit terluarmu jadi sarang tungau itu. Ada salep yang dapat mengobati hal tersebut.

Nah, itulah tujuh masalah penyakit pada tubuh selama hujan agar Anda lebih waspada saat musim penghujan. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "7 Penyakit yang Biasa Terjadi saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel