Cara Mendeteksi Gejala Penyakit dari Warna Lidah - Nixmat

Cara Mendeteksi Gejala Penyakit dari Warna Lidah

Cara Mendeteksi Gejala Penyakit dari Warna Lidah

Lidah sendiri ialah suatu organ tubuh yang memiliki manfaat menjadi pengecap makanan, yang tentunya akan mempunyai pengaruh pada rasa makanan atau pada selera makan kita.

Tahukah Anda warna lidah bisa memperlihatkan kondisi kesehatan Anda? Untuk mengetahuinya, cek warna lidah pada pagi hari sebelum menggosok gigi.

Salah satunya bagian tubuh yang bisa mengindikasikan adanya masalah pada tubuh ialah lidah, terutamanya dalam hal warna lidah yang ternyata bisa sebagai tanda ciri-ciri dilihat dari warna lidah.

Lihat Juga : Makan Ini? 10 Makanan Alami untuk Flu Berat yang Ampuh

Berikut enam tanda warna pada lidah yang bisa merupakan gejala penyakit dalam tubuh perlu kamu ketahui. Simak dibawah ini!

1. Putih

Keadaan lidah putih pasti seringkali dihadapi oleh sejumlah besar orang. Perihal ini bisa terjadi saat bangun tidur juga. Warna putih pada lidah bisa jadi adalah tanda-tanda jika kamu sedang terserang gejala flu atau masalah pencernaan.

Namun pergantian warna ini mencolok dan lapisan putih tebalnya mencakup lidah, bisa jadi kamu sedang menderita infeksi ragi atau yeast infection. Bila berlangsung kondisi semacam ini, segera hubungin dokter untuk berkonsultasi.

2. Kuning

Bila lidahmu condong berwarna kuning padahal kamu tidak sedang atau habis mengisap vitamin C, jadi peluang tubuhmu sedang mengalami infeksi bakteri. Ditambah lagi jika warnanya telah menjadi kuning kehijauan, itu mengisyaratkan jika infeksinya telah parah.

Tidak hanya infeksi pada tubuhmu, warna kuning pada lidah pun bisa menjadi tanda jika suhu badanmu sangat panas atau sedang mengalami depresi. Orang yang seringkali mengonsumsi alkohol atau merokok sering mengalami lidah kuning.

Lihat Juga : Daftar 10 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh Meredakan Ngilu

3. Merah Stroberi

Umumnya lidah yang berubah warna menjadi merah cerah seperti strobery adalah tanda jika tubuhmu terlalu panas atau adanya aktivitas panas berlebihan pada tubuh. Namun perihal ini bisa pun menjadi identifikasi penyakit yang lebih serius.

Bila warna merah cuma pada ujung lidah, hal itu bisa mengisyaratkan panas pada jantung. Sedangkan jika warna merah ada pada ujung kanan atau kiri lidah, kamu bisa jadi mengalami masalah di ginjal atau kantung empedu.

4. Biru

Lidah berwana biru memang jarang didapati, namun tidak tutup kemungkinan jika perihal ini bisa berlangsung. Bila kamu tidak diduga mengalami pergantian warna lidah dari merah muda cerah menjadi biru, mungkin ada darah yang dingin ataukah tidak bergerak.

Jika warna biru condong keunguan, bermakna kondisi darah statis yang dikarenakan oleh peredaran darah tidak lancar cukup sudah parah. Diluar itu, perihal ini bisa menunjukkan jika ginjal, jantung, atau paru-paru kamu sedang dalam keadaan yang tidak baik.

5. Ungu

Sama dengan lidah biru, warna ungu pada lidah pasti juga jarang kamu jumpai dalam kehidupan keseharian. Perubahan warna lidah menjadi ungu, tidak hanya karena ada aliran darah yang tidak lancar hal itu pun bisa mengisyaratkan tingginya tingkat kolesterol dalam tubuhmu.

Lihat Juga : Berikut 7 Tips Ampuh Mencegah Sering Mengalami Sakit Perut

Bila warna ungu menyelimuti semua permukaan lidah, bisa jadi organ dalam tubuh sedang dalam kondisi yang panas.

6. Hitam

Bila lidah tiba-tiba berwarna hitam mesti perlu waspada. Sebab perubahan ini adalah gejala diabetes, pemakaian antibiotik dan kesehatan mulut yang buruk.

Nah, itulah enam tanda warna lidah yang merupakan tanda gejala penyakit yang sedang Anda alami saat ini. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendeteksi Gejala Penyakit dari Warna Lidah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel